4 Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca

Micro SD adalah kartu memori yang dikembangkan oleh SD Card Association. Micro SD merupakan memori yang digunakan pada perangkat portable. Micro SD pada saat ini  sudah digunakan oleh banyak orang, bahkan microSD di keluarkan oleh berbagai perusahaan. Sehingga tidak jarang banyak sekali macam-macam Micro SD yang kita temui saat akan membelinya. Micro SD tersedia banyak kapasitas penyimpanan yaitu MicroSD ukuran 1GB (Giga Byte), ukuran 2 GB, ukuran 4 GB, ukuran 8 GB, ukuran, 16 GB, ukuran 32 GB bahkan ada yang mempunyai ukuran lebih besar yaitu 2TB (Tera Byte). Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir saat akan membeli kartu Micro SD karena banyak sekali ukuran atau kapasitas yang ditawarkan.

Memperbaiki Micro SD itu terkadang membuat kita bingung. Kerusakan pada MicroSD itu macam-macam, tapi disini mazinu memberikan cara memperbaiki micro sd yang tidak terbaca. Apabila anda mengalami kesulitan dalam mengatasi micro sd yang rusak tidak terbaca, maka anda bisa menemukan solusi tentang bagaimana cara memperbaiki micro sd yang tiak terbaca disini.

Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca itu sangat mudah dan cepat, alat yang dibutuhkan untuk Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca adalah PC / Laptop, HP, dan tentunya memori card (microSD) anda yang sedang rusak tidak terbaca tersebut.

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca

Apabila memory card tidak terbaca di HP Anda, pastinya anda akan bingung dan panik apabila dalam microSD tersebut terdapat file-file penting misalnya foto ataupun dokumen penting lainnya. Dengan demikian itu apakah Anda akan pasrah saja atau mencari cara untuk memperbaiki microSD anda? Sebelumnya apabila anda punya masalah dengan flashdisk anda bisa baca cara memperbaiki flashdisk write protected. Apabila tidak ada masalah silahkan lanjutkan ke cara memperbaiki microsd ini!

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca (Gambar 01)

Apabila anda sudah mencari solusi tentang cara memperbaiki micro sd yang tidak terbaca ini tapi tidak kunjung menemukan, silahkan simak tutorialnya berikut ini:

Metode pertama untuk memperbaiki microsd tidak terbaca :

1). Keluarkan micro SD dari ponsel Anda.
2). Bersihkan lempengan tembaga (yang warna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Lakukanlah dengan perlahan hingga lempengan tersebut terlihat bersih.
3). Masukkan micro sd ke hp lalu check apa udah bisa terbaca di ponsel Anda? jika belum lakukan cara yang kedua dibawah ini.

Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca

Membersihkan Tembaga atau Lempengan warna Kuning pada MicroSD

Metode Kedua untuk memperbaiki micro sd yang tidak terbaca :

  • Hubungkan hp Anda pada komputer dengan menggunakan kabel usb ponsel anda.
  • Browse directory media card pada windows explorer dan biasanya bernama Removable,
  • Kemudian klik kanan – pilih Properties, Tools lalu pilih Scan disk, tunggu hingga proses scand selesai.
  • Eject / unplug kabel data.
  • Apakah dengan cara ini microSD sudah dapat terbaca pada ponsel Anda atau tidak? Kalau belum coba gunakan cara yang ketiga dibawah ini.

Metoda Ketiga untuk mengatasi microsd tidak terbaca :

  • Cabut memory card / micro sd anda dari HP, lalu masukan kedalam card reader / bisa juga dengan menggunakan modem yang ada colokan buat microSD nya, yang terpenting supaya nantinya micro SD card dapat terhubung ke laptop / PC anda.
  • Lalu Tancapkan USB card reader ke dalam komputer / laptop anda.
  • Kemudian anda bisa masuk ke Windows explorer – klik kanan pada drive memory card tersebut.
  • Selanjutnya pada menu tab pilihlah tools – klik check now!
  • Anda bisa checklist atau centang pada opsi automatically check system & scan for and attempt recovery of bad sector
  • Silahkan tunggu hingga pengecekan sistem drive micro sd tersebut selesai.
  • Pasangkan kembali micro sd / memory card tersebut ke ponsel anda, kemudian pastikan untuk melakukan cek apakah micro sd card Anda dapat terbaca atau terdeksi dengan baik? Jika belum lakukan cara yang keempat ini :

Metode Keempat untuk mengatasi microsd yang tidak terbaca :

  1. Masukkan memory card anda pada card reader, tapi supaya berhati-hati ketika memindahkan memori card.
  2. Masukkan atau tancapkan ke dalam USB laptop / komputer anda. Selanjutnya buka windows explorer dan cari memori card anda, biasanya terdapat di drive terakhir seperti :f atau :g. Lalu pilih dan Klick Kanan – Format (Untuk menghapus semua isi microSD, apabila sudah gagal melakukan ketiga cara diatas)
  3. Lalu pada pilihan jenis format terdapat pilihan FAT, FAT32 & NTSC. Pastikan anda memilih system format file FAT.
  4. Kemudian klik Format Now dan tunggu hingga aplikasi bekerja sampai selesai.

Bagaimana? apakah anda sudah sukses dan berhasil melakukan Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca ini? Kalau masih belum berhasil yaaaa silahkan beli saja yang baru! Karena microSD anda sudah benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki.

Perhatian : Sebaiknya Anda jangan terlalu sering melakukan cabut – pasang pada memory card anda. Supaya micro sd anda dapat lebih kuat, awet dan tahan lama.

Semoga Cara Memperbaiki Micro SD Yang Tidak Terbaca ini dapat menjadi solusi terhadap masalah Anda.

loading...

Related Post