Penyebab dan Gejala Pregorexia Pada Ibu Hamil

Pernahkah anda mendengar pregorexia pada ibu hamil? Mau tahu seperti apakah pengertian, penyebab, dan juga gejala dari pregorexia? Di bawah ini akan kami jelaskan secara gamblang seputar beberapa hal tersebut, antara lain:

Pengertian Pregorexia

Sebenarnya pregorexia adalah suatu masalah yang terjadi pada wanita hamil disaat mereka melakukan diet demi mengontrol kenaikan berat badan dengan cara berolahraga secara berlebihan. Karena biasanya wanita akan takut menjadi kegemukan karena hamil. Sehingga membuat para wanita tersebut mengalami masalah pregorexia.

Pregorexia Pada Ibu Hamil

Gejala Pregorexia Pada Ibu Hamil

Sedangkan untuk beberapa gejala pregorexia untuk wanita hamil itu bisa dilihat seperti di bawah ini, antara lain:

  1. Ibu hamil tersebut telah mengira bahwa kehamilan itu merupakan suatu kejadian yang tidak benar – benar dialami dan tidak sesungguhnya terjadi.
  2. Ibu hamil tersebut akan selalu memperhatikan dan juga menghitung jumlah kalori yang masuk dan juga yang keluar dari tubuh mereka.
  3. Ibu hamil menjadi sering melewatkan jam makan.
  4. Ibu hamil akan berolahraga secara berlebihan

Dampak pregorexia

Yang pasti bila seorang wanita yang sedang hamil dan mengalami pregorexia, ini akan membuat kesehatan janin dan juga pertumbuhan beserta perkembangannya akan menjadi terganggu dan bisa membahayakan janinnya. Karena disaat ibu hamil tersebut tidak mengkonsumsi jumlah makanan dan nutrisi yang cukup, itu akan membuang si janin kekurangan nutrisi sehingga tidak bisa tumbuh sebagaimana mestinya. Dan akibatnya bayi akan lahir dalam keadaan berat yang masih di baah normal. Baca juga : Persiapan Menyusui Setelah Melahirkan.

Penyebab Pregorexia pada Ibu Hamil

Sedangkan untuk penyebabnya, akan kami sampaikan dan ulaskan di bawah ini:

Ingin memiliki tubuh langsing

Seseorang akan mengalami pregorexia ketika hamil karena kebanyakan wanita ingin selalu memiliki bentuk tubuh yang ideal dan langsing, sehingga disaat mereka hamil dan berat badan mereka meningkat, hal ini berpengaruh terhadap kondisi psikologi wanita tersebut. Dimana pada akhirnya mereka akan melakukan diet ketat dan juga melakukan olahraga yang berlebihan guna mendapatkan berat yang ideal.

Faktor lingkungan dan keluarga

Seseorang bisa juga terkena masalah ini karena faktor lingkungan dan keluarga yang sering menganggap bahwa wanita kurus itu adalah ideal dan sempurna. Sehingga membuat wanita hamil tersebut merasa gelisah dan mengalami trauma terhadap fisik yang mereka hadapi.

Sekian beberapa penyebab dan juga beberapa gejala pregorexia pada ibu hamil yang kerap sekali terjadi, namun tidak banyak orang yang tahu tentang hal tersebut. Semoga dengan memahami seputar beberapa hal di atas bisa membuat anda lebih jeli dalam menanggapi apabila anda mengalami gejala pregorexia yang terjadi seperti yang telah kami ungkap di atas.

loading...

Tags: #gejala pregorexia pada ibu hamil #ibu hamil #penyebab pregorexia pada ibu hamil #pregorexia pada ibu hamil

Leave a reply "Penyebab dan Gejala Pregorexia Pada Ibu Hamil"


Top